Senin, 30 April 2012

HADITS MAUDHU’



A.    Pengertian Hadits Maudhu’
Kata Maudhu’ berasal dari kata وضع يضع وضعا فهو موضوع  yang berarti diletakkan, dibiarkan, digugurkan, ditinggalkan, atau dibuat-buat. Akan tetapi yang palin mengena aalah definisi yang terakhir, yakni dibuat-buat. Sesangkan menurut istilah, Hadits Maudhu’ ialah:
Hadits yang dibuat-buat oleh seorang perawi baik secara sengaja maupun tidak yang disandarkan pada Rasul secara palsu dan dusta.
Jadi, hadits maudhu’ adalah hadits bohong atau palsu dan bukan dari Rasulullah, tetapi dibuat-buat oleh perawi dengan disandarkan pada Rasul. Sebagian Ulama’ memasukkan hadits ini dalam pembahasan hadits dhaif, tetapi ada yang tidak memasukkannya. Karena hadits maudhu’ hanyalah bualan belaka dan bukan hadits.
Menurut pendapat dari kalangan ulama’ yang bersepakat, hukum membuat hadits maudhu’ adalah haram mutlak, karena membuat hadits maudhu’ sama dengan mendustakan perkataan Rasulullah. Jadi, berarti ia berdusta atas nama Rasulullah. Padahal menurut hadits Rasulullah yang mutawattir telah disebutkan bahwa:
“Barang siapa yang mendustakanku dengan sengaja, maka hendak bersiap-siaplah tempat tinggalnya di dalam neraka”.

B.     Kemunculan Hadits Maudhu’ dan Perkembangannya
Ulama’ berbeda pendapat tentang awal munculnya hadits maudhu’. Ada yang menyebutkan bahwa hadits maudhu’ telah ada sejak zaman Nabi sehingga muncullah hadits Nabi berbunyi: “Barang siapa yang mendustakan aku dengan sengaja, maka hendaklah bersiap-siap tinggal di neraka”. Akan tetapi, pendapat yang lebih masyhur tentang munculnya hadits maudhu’ ialah setelah terjadinya konflik anta relit politik dan antara dua pendukung Ali dan Umayyah.
Pada masa itu Umat Islam terpecah menjadi tiga kelompok, yaitu Syiah, Khawarij dan sunni atau jumhur ulama’. Masing-masing kelompok mengklaim bahwa kelompoknya lah yang paling benar sesuai ijtihad mereka tentunya. Masing-masing ingin mempertahankan kelompoknya dan mencari simpait masyarakat yang lebih besar dengan mencari dalil dari alqur’an dan hadits Rasulullah. Jika tidak mendapatkan ayat atau hadits yang mendukung kelompoknya, mereka mencoba mena’wilkan dan member interpretasi yang terkadang tidak layak. Ketika mereka tidak menemukan ayat alqur’an atau hadits yang menyokong kebenaran kelompoknya, maka mereka membuat sendiri hadits untuk mendukung kelompoknya, hadits ini disebut hadits maudhu’ atau hadits palsu buatan para pendusta ang disandarkan pada Rasulullah. Maka pada masa ini tercatat sebagai masa awal terjadinya hadits maudlu yang lebih disebabkan oleh kepentingan politik atau kelompok. Namun yang perlu diketahui, pada masa ini sedikit sekali hadits maudhu’ karena fakor penyebabnya tidak banyak. Mayoritas faktor penyebab munculnya hadits maudhu’ adalah karena tersebarnya bid’ah dan fitnah. Sementara para sahabat justru menjauhkan diri dari itu. Mereka sangat mecintai Rasulullah. Secara logika tidak mungkin mereka berdusta kepada Rasul dengan membuat hadits maudhu’.
Demikian juga yang terjadi pada masa tabi’in sebagai orang-orang yang mendengar langsung dari oara sahabat, tidak mungkin kiranya mereka membuat-buat hadits atau memalsukan perkataan Rasul. Maka, hadits maudhu’ hanya ditimbulkan oleh sebagian kelompok orang-orang bodoh yang hanya mementingkan hawa nafsunya sendiri untuk menghalalkan segala cara.

C.    Faktor-faktor yang Mendorong Timbulnya Hadits Maudhu’ dan Contoh-contohnya
Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya hadits Maudhu’, diantaranya:
1.      Faktor Politik
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa faktor politik atau mempertahankan partai kelaompok yang dimilikinya. Seperti yang terjadi pada kelompok Syi’ah yang memalsukan hadits tentang menetapkan wasiat Nabi bahwa Ali lah yang paling berhak menjadi khalifah setelah Nabidan menjatuhkan lawan-lawan politik seperti Abu Bakar, Umar dan lain-lain. Misalnya:
وصيى و موضع سرى و خليفتى فى أهلى و خير من أخلف بعدى على
Wasiatku, tepat rahasiaku, khalifaku pada keluargaku, dan sebaik orang yang menjadi khalifah setelahku yaitu Ali.

Lalu dibalas oleh sekte sunni dangan hadits yang dimaudhu’kan kepada Abdullah bin Aufa berkata: Aku melihat Nabi duduk bersandar pada Ali kemudian Abu Bakar dan Umar datang, maka Nabi bersabda: “hai Abu Hasan! Cintai mereka, maka dengan mencintai mereka engkau masuk surga”.

Sedangkan sekte yang ketiga, yakni Khawarij lebih bersih dari pemalsuan hadits. Mereka berpendapat bahwa berbohong adalah termasuk dosa besar dan pelaku dosa besar adalah kafir. Oleh karena itu, merakalah yang lebih bersih dari pemalsuan hadits.

2.      Dendam musuh Islam
Setelah Islam meruntuhkan dua negara super power yakni kerajaan Romawi dan Persia sehingga tersebarlah Islam ke seluruh penjuru dunia. Oleh sebab itulah para musuh-musuh Islam ingin menghancurkan Islam dengan menyebarkan hadits-hadits palsu untuk menyesatkan umat Islam. Seperti salah satu hadits audhu’ yang mereka sebarkan:
“Bahwa segolongan yahudi datang kepada Rasulullah dan bertanya: Siapakah yang memikul arsy? Nabi menjawab: yang memikulnya adalah singa-singa dengan tanduknya seangkan bimasakti di langit keringat meraka. Mereka menjawab: kami bersaksi bahwa Engkau utusan Allah”.

Para ulama’ bersaksi bahwa hadits ini adalah dusta. Salah satunya Abu Al-Qasim Al-Balkhi berkata: “dei Allah ini adalah dusta. Umat Islam telah ijma’ bahwa yang memikul arsy adalah para malaikat”. Dalam suatu keterangan telah disebutkan bahwa hadits maudhu’ yang dibuat oleh orang zindik mencapai 14.000. bahkan salah satu pembuat hadits palsu telah mengaku bahwa ia membuat hadits palsu sebanyak 4.000 hadits. Ia dibunuh pada masa khalifah Abbasiyah.

3.      Fanatisme kabilah, negeri atau pimpinan
Pada masa daulah Umayyah, fanatisme kabilah sangatlah marak terjadi. Seperti orang Arab, sehingga orang-orang non aab merasa tersisihkan. Oleh karena itu mereka membuat hadits palsu untuk memantapkan posisinya. Contohnya orang seperti hadits buatan bangsa Persia:
“Sesungguhnya bahasa makhluk di sekitar arasy adalah bahasa persia”.
Dan diabalas oleh bangsa Arab:
“Bahasa yang paling dimurkai Allah adalah bahasa Persia, dan bahasa penghuni surga adalah bahasa Arab”.

4.      Qashahsh (tukang cerita)
Qashash (tukang cerita) sangat populer pada tahun 3 H. Tukang cerita biasanya duduk di masjid-masjid dan jalan-jalan. Tujuannya agar mendapatkan banyak uang dengan menarik perhatian penggemar dan pendengarnya menggunakan hadits-hadits palsu. Mereka adalah kaum zindik yang berpura-pura menjadi orang alim. Tetapi pada masa khalifah Abbasiyah Al-Mu’tashim mereka dilarang berkeliaran.
Contoh cerita yang mereka karang seperti pada suatu hari Imam Ahmad bin Hanbal dan Yahya bin Ma’in shalat di masjid Ar-Rashafah kemudian melihat seseorang yang menceritakan hadits yang diperoleh dari mereka (tetapi tukang cerita ini tidank mengenal mereka) dari Abd Razzaq dari Ma’mar dari Qathadah, Rasulullah bersabda:
“Barang siapa yang membaca ‘Tiada Tuhan selain Allah’ maka Allah menciptakan dari setiap kata seekor burung yang paruhya dari emas dan paruhnya dari marjan”.

5.      Menjilat penguasa
Diantata mereka ada yang ingin mendekati penguasa dengan cara membuat haddits palsu yang sesuai dengan apa yang dilakukannya untuk mencari lagalitas, bahwa ungkapan tersebut adalah hadits Rasulullah. Misalnya seperti Ghiyats bin Ibrahim ketika masuk ke istana Al-Mahdi yang sedang bermain burung merpati. Ghiyats berkata Rasulullah bersabda:
“Tidak ada perlombaan kecuali pada anak panah atau unta atau kuda atau burung”.
Ketika mendengar hadits tersebut, Al-Mahdi membaeri hadiah 1.000 dinar pada Ghiyats. Padahal pada hadits Rasul tidak ada kata “burung”. Akan tetapi ia menambahkannya karena Al-Mahdi sedang bermain burung.

6.      Perbedaan dalam madzhab
Masalah khilafiyah baik dalam fiqih atau teologi juga mendorong terbuatnya hadits maudhu’ yang dilakukan oleh sebagian madzhab yang fanatik dalam madzhabnya. Misalnya hadit maudhu’ berikut:
“ Barang siapa yang mengangkat kedua tangannya dalam ruku’, maka tidak sah shalatnya”.
Sebetulnya, permasalahan ini menjadi perselisihan dikalangan madzhab fiqih. Namun, pemalsu hadits ingin madzhabnya lah yang paling diterima, oleh sebab itu ia memalsukan hadits tentang ruku’ tersebut.

D.    Para Pendusta dan Kitab-kitab yang Membukukan Hadits Maudlu

Para pendusta atau para pembuat hadits maudhu’ setelah diteliti oleh ulama’ diantaranya:
ü  Aban bin Ja’far Al-Numaiki: 300 hadits, disandarkan pada Abu Hanifah
ü  Ibrahim bin Zaid Al-Aslami, disandarkan pada Malik
ü  Ahmad bin Abdullah Al-Juwaini: beribu-ribu hadits kepentingan kelompok Al-Karramiyah
ü  Jabir bin Zaid Al-Ju’afi: 30.000 hadits
ü  Nuh bin Abu Maryam: tentang fadhail surah-surah dalam Al-qur’an
ü  Muhammad bin Syuja’ Al-Wasithi, Al-Harits bin Abdullah Al-A’war Muqatil bin Sulaiman, Muhammad bin Sa’id Al-Mashlub, Al- Waqidi dan Ibnu Abu Yahya.
Kitab-kitab yang memuat hadits-hadits madhu’:
Ø  Tadzkirah Al-Maudhu’at, karya Abu fadhal Muhammad bin Thahir Al-Maqdisi (448-507). Kitab ini menyebutkan hadits secara alphabet dan disebutkan nama perawi yang dinilai cacat.
Ø  Al-Maudhu’at Al-Kubra, karya Abu Al-Faraj Abdurrahman Al-Jauzi (508-597) 4 jilid
Ø  Al-La’ali Al-Mashnu’ah fi Al-Ahadits Al-Maudhu’ah, karya Jalaluddin As-Shuyuthi (849-911)
Ø  Al-Baits ‘ala Al-Khalash min Hawadits Al-Qashas, karya Zainuddin Abdurraim Al-Iraqi (725-806)
Ø  Al-Fawaid Al-Majmu’ah fi Al-Ahadits Al-Maudhu’ah, karya Al-qadhi Abu Abdullah Muhammad bin Ali Asy-Syaukani (1173-1255)

E.     Tanda-tanda Hadits Maudhu’

Tanda-tanda hadits Maudhu’ pada sanad:
§  Pengakuan pembuatnya sendiri
§  Adanya bukti menempati pembuktian
§  Adanya bukti pada keadaan perawi
§  Kedustaan perawi
Tanda-tanda hadits maudhu’ pada matan
v  Lemah susunan lafal dan maknanya
v  Rusaknya makna
v  Menyalahi teks Alqur’an dan atau hadits mutawatir
v  Menyalahi realita sejarah
v  Hadits sesuai dengan madzhab perawi
v  Mengandung pahala yang berlebihan pada amal yang kecil
v  Sahabat dituduh menyembunyikan hadits

F.     Usaha Para Ulama dalam Memberantas Pemalsuan Hadits

Memelihara sanad hadits
Meningkatkan kesungguhan penelitian
Menjauhi para pendusta hadits
Menerangkan keadaan perawi
Memberikan kaidah-kaidah hadits






Khawatimus Suwar


  1. Pengertian Khawatimus Suwar
Khowatim adalah jama’ dari kata khatimah, yang berarti penutup atau akhiran atau penghabisan. Khawatimus suwar menurut bahasa adalah beberapa penutupan dari surat-surat Al-Qur’an. Menurut istilah, Khawatimus suwar ialah beberapa ungkapan yang menjadi penutup dari surat-surat Al-Qur’an yang artinya mengisyaratkan akan berakhirnya pembicaraan sehingga memacu untuk mengetahui hal-hal yang akan dibicarakan sesudahnya. Oleh karena itu, sebenarnya penutupan-penutupan surat ini juga indah dan menarik sekali. 
Tetapi sayangnya, Ilmu Khawatimus Suwar ini biasanya hanya digabungkan dengan Ilmu Fawatih Suwar saja, dan tidak dibahas secara tuntas, melainkan hanya asal disebut adanya saja. Belum ada ulama yang menulisnya secara khusus dan belum ada pula yang mengumpulkan dalam satu kitab ada berapa macam jumlah penutupan-penutupan itu sebagai mana belum ada pula yang mengklasifikasikan 114 surat Al-Qur’an ditutup dengan ungkapan-ungkapan apa saja.

  1. Macam-macam Khawatimus Suwar
Imam As Suyuthi dalam membahas khawatim al-suwar tidak begitu rinci sebagaimana menerangkan fawatihus suwar. Ia menerangkan beberapa bentuk term sebagai penutup dari surat-surat tersebut. Di situ diterangkan bahwa penutup surat diantaranya berupa : do’a, wasiat faroidl, tahmid, tahlil, nasihat-nasihat, janji dan ancaman, dll.[1]
Akan tetapi, menurut hasil penelitian, Khawatimus Suwar dari 114 surat Al-Qur’an ada 18 macam, yaitu:
a)      Penutupan surat dengan do’a[2]
وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ (المؤمنون: 118)
Dan Katakanlah: "Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah pemberi rahmat yang paling baik." (QS. al-Mu’minun: 118)
Terdapat juga dalam surat al-Baqarah: 286; al-Falaq: 2-5; Nuh: 28.
b)      Penutupan dengan wasiat
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا أَنْصَارَ اللَّهِ (الصف: 14)
Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong (agama) Allah. (QS. as-Shaf: 14)
Terdapat juga dalam surat ar-Ruum: 60; ad-Dhukhan: 59; al-A’la: 17-19; al-Fajr: 28; ad-Dhuha: 11, al-Ashr: 3.
c)      Penutupan dengan perintah/masalah taqwa
وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (ال عمران: ٢٠٠)
Bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung. (QS. Ali Imran: 200)
Terdapat juga dalam surat an-Nahl: 128; al-Qomar: 54.
d)     Penutupan dengan keterangan soal faraidh
وَإِنْ كَانُوا إِخْوَةً رِجَالا وَنِسَاءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الأنْثَيَيْنِ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ أَنْ تَضِلُّوا وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (النساء: ١٧٦)
Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki dan perempuan, Maka bahagian seorang saudara laki-laki sebanyak bahagian dua orang saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, supaya kamu tidak sesat. dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu. (QS.an-Nisa’: 176)
e)      Penutupan dengan ta’dhim kepada Allah
وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (المائدة: ١٢٠)
Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.  (QS. al-Ma’idah: 120)
Terdapat juga dalam surat al-Anfal: 75; al-Anbiya’: 112; an-Nur: 64; al-Luqman: 34; Fatir: 45; al-Fushilat: 54; al-Hujurat: 18; al-Hadid: 28; al-Hasr: 24; al-Jumu’ah: 11; al-Munafiqun: 11; al-Taghobun: 18; at-Thalaq: 18; al-Jin: 28; al-Mudatsir: 56: al-Qiyamah: 40; at-Tiin: 8.[3]
f)       Penutupan dengan janji dan ancaman
إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ الْعِقَابِ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ (الانعام: ١٦٥)
Sesungguhnya Tuhanmu Amat cepat siksaan-Nya dan Sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. al-An’am: 165)
Terdapat juga dalam surat al-Furqon: 77; al-Ankabut: 69; al-Ahzab: 73; al-Mu’min: 85; al-Ahkaf: 35; Muhammad: 38; al-Fath: 29; ad-Dzariyat: 60; al-Mujadilah: 22; al-Muzammil: 20; al-Insan: 31; al-Muthofifin: 36; al-Insyiqaq: 25: at-Thariq: 17; al-Ghasiyah: 25-26; al-Balad: 20; as-Syam: 14-15; al-Bayinah: 8; al-Zalzalah: 8; al-Adiyat: 10-11; al-Humazah: 8-9; al-Ma’un: 4-8; al-Lahab: 3-5.
g)      Penutupan dengan anjuran ibadah dan tasbih
فَاعْبُدْهُ وَتَوَكَّلْ عَلَيْهِ وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُونَ (هود: ١٢٣)
Maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepada-Nya. dan sekali-kali Tuhanmu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan. (QS. Huud: 123)
Terdapat juga dalam surat al-A’raf: 206; al-Hijr: 99; at-Tur: 49; an-Najm: 62; al-Alaq: 19.
h)      Penutupan dengan hiburan bagi nabi Muhammad SAW.
فَاصْفَحْ عَنْهُمْ وَقُلْ سَلامٌ فَسَوْفَ يَعْلَمُونَ (الزحرف: ٨٩)
Maka berpalinglah (hai Muhammad) dari mereka dan Katakanlah: "Salam (selamat tinggal)." kelak mereka akan mengetahui (nasib mereka yang buruk). (QS. az-Zukhruf: 89)
Terdapat juga dalam surat Yunus: 109; al-Kautsar: 3; al-Kafirun: 6.[4]
i)        Penutupan dengan sifat-sifat Al-Qur'an
وَمَا هُوَ إِلا ذِكْرٌ لِلْعَالَمِينَ (القلم: ٥٢)
Dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat. (QS. al-Qalam: 52)
Terdapat juga dalam surat Yusuf: 111; Shad: 87-88; al-Buruj: 21-22.
j)        Penutupan dengan bantahan
وَيَقُولُ الَّذِينَ كَفَرُوا لَسْتَ مُرْسَلا قُلْ كَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا بَيْنِي وَبَيْنَكُمْ وَمَنْ عِنْدَهُ عِلْمُ الْكِتَابِ (الرعد: ٤٣)
berkatalah orang-orang kafir: "Kamu bukan seorang yang dijadikan Rasul". Katakanlah: "Cukuplah Allah menjadi saksi antaraku dan kamu, dan antara orang yang mempunyai ilmu Al Kitab". (QS. ar-Ra’du: 43)
k)      Penutupan dengan ketauhidan
فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ (التوبة: ١٢٩)
jika mereka berpaling (dari keimanan), Maka Katakanlah: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung". (QS. at-Taubah: 129)
Terdapat juga dalam surat Ibrahim: 52; al-Kahfi: 110; al-Qashshash: 88; al-Lail: 19-21; al-Insyrah: 7-8; al-Ikhlas: 3-4.
l)        Penutupan dengan tahmid/pujian
إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ (يس: ٨٢)
Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" Maka terjadilah ia. (QS. Yasin: 82)
Terdapat juga dalam surat al-Isra’: 111; an-Naml: 93; as-Shafat: 182; az-Zumar: 75; al-Jatsiyah: 36-37; ar-Rahman: 78; al-Waqiah: 96; al-Haaqqah: 52; an-Nasr: 3.
m)    Penutupan dengan kisah
وَكَمْ أَهْلَكْنَا قَبْلَهُمْ مِنْ قَرْنٍ هَلْ تُحِسُّ مِنْهُمْ مِنْ أَحَدٍ أَوْ تَسْمَعُ لَهُمْ رِكْزًا (مريم: ٩٨)
Dan berapa banyak telah Kami binasakan umat-umat sebelum mereka. Adakah kamu melihat seorangpun dari mereka atau kamu dengar suara mereka yang samar-samar? (QS. Maryam: 98)
Terdapat juga dalam surat at-Tahrim: 12; Abasa: 42; al-Fiil: 5.[5]
n)      Penutupan surah dengan anjuran jihad
وَجَاهِدُوا فِي اللَّهِ حَقَّ جِهَادِهِ هُوَ اجْتَبَاكُمْ وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ (الحج: 78)
Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan Jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (QS. al-Hajj: 78)
o)      Penutupan dengan perincian maksud
صِرَاطِ اللَّهِ الَّذِي لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ (الشورى: 53)
(Yaitu) jalan Allah yang Kepunyaan-Nya segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. (QS. asy-Syurah: 53)
Terdapat juga dalam surat al-Fatihah: 6-7; at-Taqwir: 27-29; al-Qodar: 3-5; al-Qori’ah: 3-11; al-Quraysi: 3-4; an-Nas: 4-6.
p)      Penutupan dengan pertanyaan
قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِنْ أَصْبَحَ مَاؤُكُمْ غَوْرًا فَمَنْ يَأْتِيكُمْ بِمَاءٍ مَعِينٍ (الملك: ٣٠)
Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku jika sumber air kamu menjadi kering; Maka siapakah yang akan mendatangkan air yang mengalir bagimu?". (QS. al-Mulk: 30)
Terdapat juga dalam surat al-Mursalat: 50.
q)      Penutupan dengan keterangan hari kiamat
ذَلِكَ الْيَوْمُ الْحَقُّ فَمَنْ شَاءَ اتَّخَذَ إِلَى رَبِّهِ مَآبًا (النباء: ٣٩)
Itulah hari yang pasti terjadi. Maka Barangsiapa yang menghendaki, niscaya ia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya. (QS. an-Naba’: 39)
Terdapat juga dalam surat al-Ma’arits: 44; an-Nazi’ati: 46; al-Infitor: 19.
r)       Penutupan dengan peringatan
فَأَعْرِضْ عَنْهُمْ وَانْتَظِرْ إِنَّهُمْ مُنْتَظِرُونَ (السجدة: ٣٠)
Maka berpalinglah kamu dari mereka dan tunggulah, Sesungguhnya mereka (juga) menunggu. (QS. as-Sajadah: 30)
Terdapat juga dalam surat at-Tahaa: 135; asy-Syu’arah: 227; Saba’: 54; Qaaf: 45; al-Mumtahanah: 13; at-Takatsur: 6-8.

Skema penutupan surat-surat al-Qur’an
No
Nama Penutupan Surat
Jumlah Surat
Nomor-nomor Surat
1
Dengan do’a
(بِالدُّعَاءِ)
4
2, 23, 71, 113
2
Dengan Wasiat
(بِالْوَصَايَا)
7
30, 44, 61, 81, 89, 93, 103
3
Dengan Takwa
(بِالْتَقْوَى)
3
3, 16, 54
4
Dengan Faraidh
(بِالْفَرَائِضِ)
1
4
5
Dengan Ta’dhim
(بِالْتَعْظِيْمِ للهِ)
18
5, 8, 21, 24, 31, 35, 41, 49, 57, 59, 62, 63, 64, 65, 72, 74, 75, 95
6
Dengan Janji dan Ancaman
(بِالْوَعْدِ وَالْوَعِيْدِ)
24
6, 25, 29, 33, 40, 46, 47, 48, 51, 58, 73, 76, 83, 84, 86, 88, 90, 91, 98, 99, 100, 104, 107, 111
7
Dengan Anjuran Ibadah/ Tasbih
(بِالْحِثَّ عَلَى الْعِبَادَةِ وَالتَّسْبِيْحِ)
6
7, 11, 15, 52, 53, 96
8
Dengan Hiburan kepada Nabi
(بِالْتَّسْلِيَّةِ)
4
10, 43, 108, 109
9
Dengan Sifat-sifat al-Qur’an
(بِوَصْفِ الْقُرْآنِ)
4
12, 38, 68, 85
10
Dengan Bantahan
(بِالرَّدِّ عَلَى مَنْ كَذَبَ الرَّسُوْلَ)
1
13
11
Dengan Ketauhidan
(بِالْتَّوْحِيْدِ بِاللهِ)
7
9, 14, 18, 28, 92, 94, 112
12
Dengan Tahmid/Pujian
(بِالتَّحْمِيْدِ)
10
17, 27, 36, 37, 39, 45, 55, 56, 69, 110
13
Dengan Kisah
(بِالقَصَص)
4
19, 66, 80, 105
14
Dengan Anjuran Jihad
(بِالْحِثَّ عَلَى الْجِهَادِ)
1
22
15
Dengan Rincian Maksud
(بِتَفْصِيْلِ الْمَقْصُوْدِ)
7
1, 42, 81, 97, 101, 106, 114
16
Dengan Istifham
(بِالاِسْتِفْهَامِ)
2
67, 77
17
Dengan Hari Kiamat
(بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ)
4
70, 78, 79, 82
18
Dengan Peringatan
7
20, 26, 32, 34, 50, 60, 102

18 macam
114 surat
114 nomor surat











[1] As Suyuthi. Al Itqon fi ulumil quran . Beirut: Darul fikr, juz 2 hal. 105.
[2] Abd. Jalal H. A. Ulumul Qur’an. Surabaya: Dunia Ilmu. 2000. Hal. 209
[3] Abd. Jalal H. A. Ulumul Qur’an. Surabaya: Dunia Ilmu. 2000. Hal. 216
[4] Abd. Jalal H. A. Ulumul Qur’an. Surabaya: Dunia Ilmu. 2000. Hal. 223
[5] Abd. Jalal H. A. Ulumul Qur’an. Surabaya: Dunia Ilmu. 2000. Hal. 229